Wujudkan Madrasah Unggul, MTsN 4 Bantul Resmi Terima SK Penetapan

Bantul (MTsN 4 Bantul)- Madrasah Unggul sebenarnya menjadi cita-cita MTsN 4 Bantul sejak beberapa tahun lalu. Rencana menjadikan madrasah Unggul akhirnya terlaksana setelah Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta memberikan SK Penetapan menjadi Madrasah Unggul. Hal ini secara resmi di terima MTsN 4 Bantul melalui penyerahan SK di Aula Kementerian Agama Bantul, Rabu (2/09/2020).

 

Kepala Kanwil Kementerian Agama D.I.Yogyakarta, Edhi Gunawan berpesan keinginannya menjadikan madrasah di Yogyakarta  sebagai lumbung madrasah terbaik. “selain menjadikan barometer, madrasah DIY harus siap menjadi tempat bertanya dan rujukan madrasah unggul bagi seluruh Indonesia,” pesannya.

 

Menurut Edhi, madrasah kini terus berkembang dan kompetitif. Lulusan madrasah telah tersebar di seluruh Indonesia dan berkiprah di berbagai bidang professional. Tiba saatnya madrasah harus menunjukkan diri, mengembangkan potensi dan mengaktualisasi sesuai kelebihan dari masing-masing madrasah.

 

Kemenag DIY menyadari, madrasah-madrasah di lingkungan Kantor Wilayah Kemenag DIY dipersiapkan untuk dapat memfasilitasi kemajemukan peserta didik baik dari sisi kemampuan, bakat, minat, kebutuhan, keinginan, cita-cita, latar belakang, dan sebagainya. Dipersiapkan Madrasah Plus Ketrampilan, Madrasah Unggul Akademik, Madrasah Unggul Olah Raga, Madrasah Penyelenggara SKS, dan nantinya juga dipersiapkan Madrasah Riset. Keinginan madrasah disambut baik oleh Kanwil Kemenag dengan penetapan SK sebagai madrasah Unggul. Harapan dari penetapan ini adalah agar madrasah mempunyai payung hukum yang kuat untuk mengembangkan diri dalam melangkah mewujudkan keinginan mencapai madrasah unggul sesuai yang diharapkan.

 

Seiring dengan harapan tersebut MTsN 4 Bantul juga memantapkan diri menwujudkan madrasah unggul dalam bidang Akademik dan Tahfidz. Kepala madrasah Siti Solichah,S.Pd berharap “Sebagai madrasah Tsanawiyah yang selalu terbaik bidang akademik di Kabupaten Bantul, Kami berkeinginan kuat mempertahankan diri dan mengembangkan diri lebih baik lagi agar berprestasi di tingkat Propinsi maupun Nasional, baik bidang akademik maupun non akademik,” ujarnya.(khj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *