Membentuk Kader Adiwiyata

Bantul (MTsN Bantul Kota)Pelaksanaan Pengenalan Madrasah (Panglima) 2016 di MTs Negeri Bantul Kota dimanfaatkan untuk membentuk kader Adiwiyata untuk kelas VII. Materi Program Adiwiyata di MTs Negeri Bantul Kota disampaikan langsung oleh Koordinator Adiwiyata, Wartono, S.Pd di Masjid Madrasah, Selasa (19/7).

MTs Negeri Bantul Kota baru saja mengikuti seleksi Adiwiyata tingkat DIY, dan alhamdulillah kita berhasil. MTs Negeri Bantul Kota merupakan satu-satunya MTs di DIY yang berhasil melaju untuk mendapatkan sertifikat nasional. Untuk itu diperlukan kader Adiwiyata dan siswa yang berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan, contohnya menjaga kebersihan lingkungan dengan memilih dan memilah sampah sesuai dengan tempat sampah yang tersedia kata Wartono.

Selain itu Wartono memmberi tahu sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan adiwiyata ada 2 yaitu sarpras untuk mengatasi masalah lingkungan seperti tempat sampah terpilah, tempat pembuangan sementara, komposter dan sarpras untuk pembelajaran lingkungan hidup, misalnya biopori, hidroponik, sumur peresapan, kantin dan lain-lain.

Kader Adiwiyata akan efektif diaktifkan setelah siswa masuk kelas secara permanen, sebab kelas sekerang ini (Panglima 2016) merupakan kelas sementara. (vic)

One thought on “Membentuk Kader Adiwiyata”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *