Tingkatkan Motivasi Mengikuti Les Tambahan

Guru Gunakan  Team Game Tournamen (TGT)

Bantul—(MTs N 4 Bantul) Dalam rangka mempersiapkan peserta didik menghadapi Assesment Standarisasi Penilaian Daerah (ASPD) Tahun 2022, kegiatan les tambahan materi pelajaran dilaksanakan kembali selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ini. Para siswa mengikuti les tambahan selama empat hari dalam seminggu mulai Senin hingga Kamis. Adapun materi yang disampaikan yaitu empat mata pelajaran yang menjadi materi ujian, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Les yang dilaksanakan selama Sembilan puluh menit ini diikuti oleh siswa kelas IX.

Ketty Astutty, guru Bahasa Indonesia mengatakan bahwa metode Team Game Tournamen ini diterapkan sebagai selingan belajar ketika mengikuti les agar siswa tidak merasa bosan. “Kebetulan pada kesempatan ini siswa saya ajak bermain dalam bentuk turnamen untuk memotivasi mereka,” jelasnya. Selain itu pada model pembelajaran ini membuat siswa  berperan aktif  sehingga ia tidak mengantuk. “Salah satu tantangan mengajar ketika les tambahan adalah kejenuhan siswa, jadi guru harus bisa memilih model pembelajaran yang tepat agar les dapat terlaksana dengan baik dan maksimal hasilnya,” ungkapnya pada Kamis (27/01) lalu.

Setelah dibagi dalam bentuk tim,  siswa diajak untuk membuat daftar kata-kata baku dan tidak baku. Setelah itu siswa bermain adu cepat atau melaksanakan turnamen materi tersebut dengan kelompok lain untuk menguji sejauh mana penguasaan mengenai kata baku tak baku yang ditulisnya. Kelebihan  lain yang diperoleh melalui model pembelajaran ini adalah siswa juga lebih kooperatif. “Melalui model pembelajaran ini alhamdulillah tidak ada lagi istilah siswa mengantuk saat mengikuti les tambahan,” jelas Ketty (ket).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *