Tingkatkan Kompetensi, Guru Bahsa Arab MTsN 4 Bantul Ikuti Workshop Pembuatan Video

Bantul (MTsN 4 Bantul)-Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Bantul, H. Aidi Johansyah, S.Ag., M.M, membuka acara Workshop Pembuatan Media Video Pembelajaran  yang diadakan oleh MGMP Bahasa Arab Kabupaten Bantul bekerja sama dengan MTs N 3 Bantul. Dalam sambutannya Aidi menyampaikan bahwa “Pada masa pandemi ini, saat siswa belajar dari rumah, guru tidak bisa langsung bisa bertemu dengan siswanya. Materi hanya bisa disampaikan lewat tulisan atau gambar. Sangat tepat, jika materi disampaikan lewat video pembelajaran yang menarik”,  jelasnya.

 

Workshop dilaksanakan pada Senin – Selasa, tanggal 13 -14 Oktober 2020 bertempat di MTs N 3 Bantul dengan mengusung tema Pembuatan Media Video Pembelajaran. Video Pembelajaran merupakan media yang sangat penting pada saat ini, saat pembelajaran daring. Senada dengan Aidi,  Kamad MTs N 3 Bantul, Sugeng Muhari, S.Pd.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini guru dituntut untuk lebih aktif dan kreatif mengikuti perkembangan zaman. “Saat ini zamannya teknologi, semua guru Bahasa Arab pun juga harus menguasai teknologi dalam pembelajaran,” tandasnya.

 

Peningkatan kompetensi  merupakan sebuah keniscayaan bagi seorang guru. Demikian juga keniscayaan itu berlaku bagi guru Bahasa Arab yang berada dalam naungan MTs N 4 Bantul yang terdiri dari Tutik Husniati, S.Ag., M.S.I, Anis Suryani S.Ag. dan St. Rodhiah, S.Pd.I. bersama dengan Guru Bahasa Arab yang lain se-kabupaten Bantul, mereka aktif mengikuti  kegiatan Workshop.

 

Proses pembuatan media video pembelajaran ini menjadi berbeda dengan pembuatan video umumnya karena diawali terlebih dahulu dengan pembuatan perencanaan yang berwujud storyline materi yang akan tertuang dalam video atau hampir sama dengan RPP, sehingga hasilnya lebih terukur. Didampingi Mentor ahli dari Lab. FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sholeh Fasthea, S.Pd.I., para guru Bahasa Arab dengan penuh antusias mempelajari dan mempraktekkan materi workshop  sampai hari kedua. Pada saat pembukaan pun, acara dikemas berbeda dari biasanya karena setelah pembacaan kalam wahyu Ilahi, dilanjutkan dengan acara shalawatan yang ditampilkan oleh tim hadroh dari guru di MGMP Bahasa Arab sendiri.(ttk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *