Tanamkan Jiwa Santri MTs N 4 Bantul

Bantul—(MTsN4 Bantul) Upacara peringatan Hari Santri Nasional MTs Negeri 4 Bantul, dilaksanakan pada hari Senin (22/10). Upacara yang diikuti seluruh Bapak Ibu guru, pegawai dan siswa, dilaksanakan dengan mengenakan pakaian santri itu berjalan khidmat. Bertindak selaku Pembina upacara wakil kesiswaan Wicaksono,S.Pd menyampaikan bahwa pada peringatan Hari Santri ini  kita diingatkan untuk mengenang para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia yang sebagian besar merupakan tokoh muslim yang  berjuang meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. “Perjuangan para santri dalam meraih kemerdekaan patut kita contoh dan kita lanjutkan demi penerus cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa. Jiwa patriotisme pahlawan bangsa harus terus dilanjutkan agar semangat kebangsaan dan nasionalisme selalu tumbuh dalam diri setiap pelajar,” pesannya kepada para siswa.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa dalam momentum Hari Santri tahun 2018 ini ada dua hal yang perlu diperhatikan, pertama, peringatan upacara secara fisik, yakni upacara seremonial dalam mengenang para santri yang merupakan para tokoh muslim seperti pangeran Diponegoro, Imam Bonjol, Sentot Ali Basya, Pangeran Sultan Agung, Cut Nya Dien dll sebagai pahlawan bangsa berjuang membela bangsa, dan yang kedua, Penanaman jiwa santri dalam mental diri para siswa agar nilai nilai religi dalam diri siswa selalu terpatri dan teraktualisasi dalam diri siswa sehingga menjadi seorang siswa yang agamis, cendekia, dan bermanfaat bagi diri, bangsa, dan agama. Beliau mengingatkan bahwa sejak dulu santri ikut membangun Indonesia. Maka saat ini para siswa diminta merawat negeri ini agar tidak ada lagi paham –paham radikalisme yang merongrong negeri Indonesia.

Upacara yang berlangsung selama tiga puluh lima menit bertempat di halaman MTs Negeri 4 Bantul berjalan dengan lancer dan diakhiri dengan menyanyikan lagu religi “Deen Assalam” oleh peserta upacara.  Selamat Hari santri dan semoga jiwa santri senantiasa ada dalam diri kita. (Kah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *