Ratusan Siswa MTs N 4 Bantul Ikuti Manasik Haji

Bantul—Sekitar 200 siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Bantul mengikuti kegiatan manasik haji pada Selasa (27/02) yang diselenggarakan pihak sekolah. Kegiatan tersebut selain diikuti oleh siswa juga diikuti oleh Bapak/Ibu wali kelas dan beberapa guru pendamping yang sudah pernah melakukan ibadah haji. Ketua panitia, Wicaksono,S.Pd. selaku waka kesiswaan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan praktik nyata dalam pembelajaran yang telah diperoleh siswa dalam mata pelajaran Fikih. “Melalui praktik langsung di lapangan ini, saya berharap siswa lebih memahami tata cara ibadah haji secara nyata sehingga meningkatkan semangat mereka untuk menunaikan ibadah haji,”ungkapnya.
Kegiatan diawali sekitar pukul 07.00 siswa dikumpulkan di musala madrasah untuk melaksanakan salat dhuha kemudian mendapat pengarahan dari guru pembimbing mengenai tata cara berhaji meliputi materi bacaan, rukun haji, hingga cara menggunakan pakaian ihrom. Setiap siswa memperoleh satu lembar kertas yang berisi materi kegiatan dan bacaan doa tentang rukun haji, wajib haji, dan sunah haji. Dengan demikian, diharapkan setiap siswa dapat mengikuti rangkaian kegiatan secara tertib. Setelah mendapat penjelasan siswa berangkat dari madrasah menuju ke stadion Cangkring Kulon Progo yang sudah diseting sebagai tempat para jamaah mengerjakan wukuf di Arofah, bermalam di Musdhalifah, dan juga melempar jumroh di Mina. Setelah selesai melempar jumroh, siswa kemudian naik bus lagi menuju ke Masjid Agung Kulon Progo yang disiapkan sebagai tempat thawaf dan sa’i.
Dijelaskan oleh guru fikih kelas VIII, Ida Zusnani, bahwa kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini selain untuk menerapkan materi yang telah diperoleh siswa di kelas juga untuk meningkatkan ghiroh menunaikan ibadah haji maupun umroh. “Saya sangat berharap kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan, agar pemahaman siswa mengenai ibadah haji semakin meningkat,”ungkapnya. Meski baru pertama kali diadakan, kegiatan ini berlangsung lancar tidak ada hambatan. Siswa tampak antusias dan semangat mengikuti setiap rangkaian rukun ibadah haji. Kegiatan berakhir dengan sa’i di bukit safa dan marwah dengan lokasi di Masjid Agung Kulon Progo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *