Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, MTs N 4 Bantul Adakan “Gropyok Sampah”

Bantul—Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, MTs N 4 Bantul selenggarakan acara “Gropyok Sampah”. Sebagai sekolah adiwiyata yang berusaha untuk menanamkan sikap peduli lingkungan pada siswa, kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan siswa yang memiliki sikap kepedulian lingkungan.  Ketua Panitia, Drs. Wartono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian warga MTs N 4 Bantul untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. “Kami berharap melalui edukasi ini ada sesuatu yang membekas dalam benak siswa untuk berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan,”ungkapnya

Acara yang berlangsung pada Rabu (21/2) tersebut diawali dengan upacara pembukaan oleh Kakanwil Kemenag DIY, Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi beberapa kegiatan MTs N 4 Bantul sebagai sekolah berwawasan adiwiyata yang telah menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Beliau berharap agar madrasah dapat inovatif, kreatif, dan menunjukkan kesalehan yang tidak diajarkan secara eksplisit di lembaga lain. Madrasah harus mampu menyupport siswa untuk menularkan virus kebaikan kepada siswa yang lain.

Selain membuka acara tersebut, Kakanwil Kemenag DIY juga meresmikan launching Madrasah English Club. Melalui kegiatan English Club ini  diharapkan lebih meningkatkan kompetensi siswa dalam berbahasa Inggris untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin banyak membutuhkan keterampilan berbahasa asing. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Kabag Tata Usaha Kemenag Bantul,Pengawas Madrasah, dan  Komite sekolah.

Acara “Gropyok Sampah” ini diikuti sekitar 500 siswa dan guru yang terlibat langsung untuk membersihkan sampah di sekitar madrasah dan di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo Bantul.. Sejak pukul 10.00 para siswa dan guru yang menggunakan pakaian seragam olahraga terlihat semangat memunguti sampah  yang berada di sepanjang jalan meski terik matahari menyengat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *