Penyuluhan PHBS dan Kespro di MTs N 4 Bantul

Bantul–(MTs N 4 Bantul) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul mengadakan penyuluhan PHBS kepada siswa MTs N 4 Bantul. Kegiatan yang diikuti siswa kelas VII tersebut dilaksanakan pada Rabu (24/10) di musala madrasah. Selain penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Dinas Kesehatan juga memberikan penyuluhan Kesehatan Reproduksi (kespro).

Dalam kesempatan tersebut, Dinkes Kabupaten Bantul mendatangkan dua narasumber, yaitu Bapak Supangat, SKM. dan Ibu Betri Cahyanti,S.Tr.Keb. Beliau juga sempat memberikan apresiasi atas prestasi yang diperoleh siswa MTs N 4 Bantul yang memperoleh juara I mewakili Kecamatan Bantul pada lomba KKR (Kader Kesehatan Remaja) beberapa waktu lalu.

Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Wicaksono,S.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang PHBS dan Kespro dari ahlinya. “Saya sangat berharap agar para siswa dapat memperoleh pengetahuan tentang hal yang mungkin selama ini dianggap tabu oleh siswa, padahal hal itu harus diketahui,”ungkapnya. Pada sesi materi, narasumber mengajak kepada para siswa agar menanamkan kebiasan berperilaku hidup besih dan sehat. Beliau mencontohkan bahwa contoh perilaku PHBS di sekolah antara lain kegiatan piket harian, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan lingkungan madrasah.

Pada kesempatan yang berbeda, Betri Cahyanti, S.Tr.Keb berpesan kepada para siswa agar mengenali perkembangan dirinya. Masa SMP termasuk masa remaja awal di mana pada masa tersebut, remaja cenderung memiliki sikap negatif. Beberapa sikap negatif itu antara lain ingin menyamakan dirinya dengan orang dewasa, ingin menentang lingkungan, dan merokok. “Para siswa harus pandai pandai memilih teman dalam pergaulan karena masa remaja adalah masa yang penuh gejolak dan rawan,”pesannya. Para siswa diajak untuk mengetahui semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Meskipun kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 jam, namun seluruh siswa tampak antusias mengikuti sampai selesai (kat).

2 thoughts on “Penyuluhan PHBS dan Kespro di MTs N 4 Bantul”

  1. Apa saja aspek yang dipersiapkan untuk memberikan penyuluhan PHBS dan Kespro pada siswa di MTs N 4 Bantul??
    Apakah konsep penyuluhannya mengacu pada PHBS dan Kespro saja??
    Mohon infonya min …
    Makasi salam kenal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *