MTsN 4 Bantul Terapkan E-Learning dalam Pelaksanaan PTS

Bantul (MTsN 4 Bantul)–Untuk yang kedua kalinya MTsN 4 Bantul kembali selenggarakan Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun 2020/2021 ini dengan menggunakan program E-Learning madrasah. PTS yang berlangsung tanggal 14 – 22 September 2020 ini diikuti 676 siswa.

 

Pelaksanaan PTS telah dipersiapkan matang semenjak akhir Agustus lalu dengan melalui koordinasi panitia dan pembimbing penyusunan naskah soal e-learning. Dalam himbauannya kepala madrasah Siti Solichah,S.Pd mengatakan, “Saya berharap semua guru nantinya familier dengan aplikasi ini dan kegiatan administrasi guru terdokumen dalam aplikasi E-Learning ini. Harapan kami ke depan supervisi dilakukan dengan memantau dokumen yang tersimpan di aplikasi ini,” pungkasnya.

 

Sementara waka Kurikulum Sriyono,S.Pd menyampaikan, untuk pembimbing pengupload naskah soal PTS, dimohon untuk mendampingi guru mapel  sampai masuk pada aplikasi e-learning dan juga pemantauan setelah mengerjakan ujian PTS.

 

PTS dengan sistem daring ini dirasakan cukup efektif dalam menjangkau semua siswa, dan hasil nilai PTS dapat terekam dengan cepat tanpa membutuhkan waktu untuk mengoreksi hasil ujian. Harapan ke depan pelaksanaan ujian ini dapat menjadi media yang baku dalam mengukur kemampuan materi pelajaran siswa.

 

Ujian PTS ini meliputi enam belas mapel dan masing masing mapel terdiri 40 soal ujian, kecuali mapel IPA dan Matematika yang hanya 30 soal ujian. Materi soal dibuat dengan bentuk multiple choice dengan empat option jawaban. Pada pelaksanaan hari pertama, Senin (14/9/20) ini PTS berjalan lancar tanpa ada gangguan yang berarti. Namun dari guru mapel dan guru wali harus benar-benar memastikan 30 menit sebelum ujian siswa sudah siap mengikuti ujian PTS. (khj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *