MTsN 4 Bantul Serahkan Kembali Mahasiswa PLP 2 UAD Yogyakarta

Bantul (MTsN 4 Bantul)—Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan (P3K) FKIP UAD mengadakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 2 di MTsN 4 Bantul. Kegiatan yang diikuti oleh delapan mahasiswa FKIP tersebut melaksanakan praktek pengajaran di MTsN 4 Bantul selama sebulan mulai 18 Agustus sampai 18 September 2020. Setelah sebulan menjalani praktek pengajaran di MTsN 4 Bantul, MTsN 4 Bantul menyerahkan kembali mahasiswa PLP ke UAD yang diterima Dosen Pembimbing Lapangan. Acara yang berlangsung singkat tersebut berjalan lancar dengan diikuti oleh bapak ibu guru pembimbing, mahasiswa peserta PLP dan Dosen Pendamping Lapangan, Jumat (18/9/2020).

 

Waka Kurikulum Sriyono,S.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UAD yang telah mempercayai MTsN 4 Bantul sebagai lokasi PLP 2. “Kami berharap semoga mahasiswa PLP 2 dapat mengimplementasikan ilmu di kampus dengan kondisi riel di madrasah, dan menjadikan sebagai pengalaman untuk nantinya bekerja sebagai pendidik yang sebenarnya”, ujarnya.

 

Dosen Pembimbing Lapangan Dr Sutarman M.Hum, menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan dan arahan bapak/ibu guru MTsN 4 Bantul yang telah bersedia mendampingi mahasiswa dalam berlatih mengajar selama sebulan, semoga ini menjadikan pengalaman berharga membekali mahasiswa kelak.

 

Kegiatan Praktek lapangan mahasiswa berjalan tidak seperti tahun lalu dikarenakan kondisi pandemic dan pelaksanaan praktek pengajaran juga dilaksanakan secara daring. Peserta PLP 2 UAD di MTsN 4 Bantul terdiri bidang jurusan Bahasa Indonesia, PKn, PAI, Bahasa Inggris dan Bimbingan Konseling. Kegiatan pengajaran terlaksana dengan baik walaupun terkendala tidak boleh tatap muka, namun kegiatan bisa berjalan lancar. Berbagai metode pembelajaran telah dilaksanakan sesuai materi pelajaran, cukup menjadikan pengalaman berharga bagi mahasiswa khususnya pembelajaran nyata dengan menghadapi siswa secara daring.

 

PLP sendiri merupakan suatu tahapan  dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan. Kegiatan ini merupakan transisi dari kegiatan magang pada sebelumnya. Bentuk kegiatan tersebut berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan. proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing. (khj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *