MTs Negeri 4 Bantul Selenggarakan Manasik

Bantul—(MTsN  4 Bantul) Sebanyak 221 siswa kelas VIII MTsN 4 Bantul mengikuti kegiatan manasik haji yang diadakan pada Senin (04/02) di asrama haji Donohudan. Kegiatan kali kedua ini mengambil tempat yang berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kami sengaja memilih Donohudan sebagai tempat manasik dengan tujuan agar siswa mengetahui secara langsung tempat pelaksanaan jamaah haji DIY dan Jawa Tengah pada waktu melaksanakan ibadah  haji,”kata Wicaksono, ketua panitia.

Dalam kesempatan yang berbeda, Dra. Hj. Ida Zusnani, guru mapel fikih,  mengungkapkan bahwa kegiatan manasik ini merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang memang dikhususkan untuk siswa kelas VIII dan rencananya diagendakan setiap tahunnya. Pada kesempatan manasik kali ini, seluruh siswa didampingi oleh Bapak/Ibu guru pendamping dan juga wali kelas. Sebelumnya, seluruh siswa telah mendapatkan pembekalan materi  pada Sabtu, (02/02) oleh Ibu Dra. Hj. Ening Yuni Soleh Astuti,M.A. selaku pengawas madrasah. Pada kesempatan tersebut  siswa laki-laki juga berlatih untuk mengenakan pakaian ihrom dengan bantuan Bapak/Ibu guru pendamping.

Seluruh peserta berangkat dari madrasah pukul 07.30 dengan diawali salat dhuha dan salat safar menjelang perjalanan menuju Donohudan. Seluruh siswa terbagi dalam kelompok per kelas dengan didampingi dua orang pendamping yang akan membimbing siswa pada setiap rangkaian ibadah yang harus diikuti oleh peserta. Alkhamdulilah seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan ini hingga seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana (kat).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *