Jelang Ujian, 40 Siswa MTs Negeri 4 Bantul Dikarantina

Bantul—Dalam rangka mempersiapkan peserta didik agar lebih siap menghadapi ujian, sebanyak empat puluh siswa mengikuti karantina. Kegiatan yang dimulai sejak Minggu (25/03) tersebut melibatkan Bapak/Ibu guru dan pembimbing les dari luar madrasah. Kepala Madrasah, Drs. Surahmanto mengatakan bahwa kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan tersebut merupakan salah satu usaha dalam mempersiapkan peserta didik agar lebih efektif dalam pendampingan belajar menjelang beberapa ujian yang harus diikuti siswa. “Saya berharap melalui kegiatan ini, siswa akan memperoleh hasil yang lebih maksimal,” ungkapnya.
Keempat puluh siswa tersebut dipilih berdasarkan nilai mata pelajaran ujian nasional yang tertinggi di seluruh kelas. Selama empat hari siswa mengikuti pendalaman materi sesuai mata ujian yang terjadwal, yaitu bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Inggris, dan IPA. Kegiatan yang berlangsung di madrasah ini, dimulai dengan jamaah salat magrib. Sesi pendampingan pertama dimulai pukul 18.30 sampai 21.00. Setiap kelas diisi 15 siswa yang telah dipilih sesuai kategori perolehan nilai pada ujian sebelumnya dan terbagi dalam Gala 1, 2, dan 3.
Materi pendampingan yang diberikan kepada siswa meliputi soal dan pembahasannya. Selain membekali siswa dengan materi, siswa juga harus mengikuti pendampingan rohani, yaitu dengan melaksanakan salat tahajud yang dimulai pukul 03.00 dan dilanjutkan dengan sesi pendampingan materi pada pukul 03.30 sampai 04.15 diakhiri dengan jamaah salat subuh. Ketua panitia, Dra Wiwik Winarni mengatakan bahwa para siswa sangat semangat mengikuti kegiatan yang baru pertama kali mereka ikuti ini. “Setelah karantina yang pertama ini, kami merencanakan karantina berikutnya menjelang ujian nasional,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *