Babinkabtimmas Hadiri Pengajian Ahad Legi MTs N 4 Bantul

Ada yang berbeda pada pengajian wali murid MTs N 4 Bantul yang diadakan setiap Ahad legi. Pada kesempatan itu (08/10) hadir Ajun Komisaris Polisi Lukman Rianto,Kanit Binmas Polres Bantul. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan keprihatinan pergaulan remaja saat ini. Banyak remaja berperilaku negatif yang mengarah pada kenakalan remaja. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perkembangan teknologi. Oleh karena itu, peran orang tua sangat berpengaruh pada perkembangan remaja.

Di hadapan wali murid dan para guru, AKP Lukman Rianto menyampaikan pesan kepada orang tua murid agar memantau pergaulan anak-anaknya. “Jangan sampai memberikan kasih sayang yang keliru kepada anak dengan membelikannya sepeda motor,”ungkapnya. Menurut data yang ada, angka kecelakaan paling tinggi di Kabupaten Bantul berasal dari remaja usia produktif, yaitu pelajar SMP dan SMU. Undang-undang nomor 22 tahun 2009 menyatakan bahwa yang berhak mengendarai sepeda motor adalah yang sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Sementara itu, siswa SMP maupun SMU yang belum berusia 17 tahun tentu saja belum memiliki SIM.

Untuk menghindari pergaulan yang negatif di kalangan remaja, orang tua harus memperhatikan pergaulan anak-anaknya, dengan siapa dia bergaul, ke mana perginya, dan mengontrol juga penggunaan HP. Selain itu, anak- anak juga membutuhkan keteladanan dari orang tua. Beliau menyampaikan ada 4 kecerdasan yang harus dimiliki seorang anak agar dapat membentengi diri dari perilaku negatif, yaitu cerdas spiritual, cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas sosial.

Acara yang diawali dengan salat dhuha tersebut dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan dan wali murid MTs N 4 Bantul. Pada kesempatan itu, madrasah membagikan hasil nilai murni kegioatan Penilaian Tengah Semester (PTS) semester satu kepada wali murid. “Saya berharap, melalui pembagian hasil nilai PTS ini orang tua dapat memantau perkembangan akademis putra-putrinya baik di kelas maupun secara paralel,” ungkap Kepala Madrasah, Drs. Ma’mur Amprani di sela-sela pidatonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *