212 Guru Kemenag Bantul Ikuti Ujian AKG, AKK dan AKP di MTsN 4 Bantul

Bantul (MTsN 4 Bantul)–Pelaksanaan Ujian Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas(AKP) di MTsN 4 Bantul berjalan lancar  tanpa ada hambatan, Kamis (19/11/2020). Pelaksanaan Ujian AKG ini diikuti oleh guru, Kepala dan pengawas madrasah dibawah Kementerian Agama dan  diselenggarakan secara serempak seluruh Indonesia.

 

Data Kemenag mencatat ada sekitar 180ribu guru MI, 120ribu guru MTs, 54ribu guru MA, 82ribu Kepala Madrasah, serta 3.600 pengawas madrasah yang aktif.  Sementara data peserta asesmen di MTsN 4 Bantul ini diikuti 212 peserta.

 

Dikutip dari kalderanews.com, AKG, AKK dan AKP merupakan baseline pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Madrasah Tahun 2021. Hasil Asesmen ini sebagai pemetaan sebaran kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah. Hasil ini akan menjadi dasar implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berorientasi kepada mutu dan pemerataan.

 

Persiapan pelaksanaan asesmen telah dilaksanakan secara matang dengan melalui sejumlah tahapan antara lain: penyiapan aplikasi SIM-AKG yang terintegrasi dengan SIMPATIKA, Instrumen soal asesmen kompetensi, reviewer uji keterbacaan dan pada level tempat penyelenggara penyediaan sarana prasarana pendukung seperti server, jaringan internet, computer dan panitia telah terencana dengan baik.  Ini diharapkan pelaksanaan asesmen lima hari ke depan akan berjalan lancar.

 

Kasi Guru Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Abdul Su’ud menjelaskan tentang AKG. “AKG bukan masalah lulus atau tidak lulus, tapi merupakan langkah menuju PKB. Nilai AKG nanti masuk di akun simpatika masing-masing guru. Syarat ikut PKB harus ikut AKG. Jika tidak mengikuti AKG dan PKB, maka kompetensinya dipertanyakan. Tujuan AKG yaitu untuk mendapatkan gambaran tentang kompentensi guru,” paparnya.

 

“AKG di Bantul dilaksanakan di 3 tempat, yakni di MTsN 4 Bantul, MAN 1 Bantul dan MTsN 6 Bantul. Pelaksanaan AKG di MTsN 4 Bantul dilaksanakan  sehari dalam tiga sesi. Jumlah soal sebanyak 60 butir diselesaikan dalam waktu 120 menit. Kartu peserta AKG dapat dicetak melalui akun simpatika setelah waktu pendaftaran ditutup, yaitu tanggal (28/10/2020). Kompentensi yang diujikan pada soal AKG yaitu kompetensi pedagogik dan kompentensi professional,” imbuh Su’ud.

 

Salah satu guru peserta AKG, Sutarmi,S.Pd mengungkapkan tentang keikutsertaannya dalam sosialisasi AKG di MTsN 4 Bantul. “Alhamdulillah saya dapat mengikuti AKG dihari pertama sesi 2. Meskipun soal AKG banyak terkait materi guru mata pelajaran, namun beliau berharap dapat memperoleh nilai memuaskan dalam AKG ini,” ungkapnya.(khj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *